POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

POST-TITLE-HERE

Posted by Author On Month - Day - Year

POST-SUMMARY-HERE

Pisau Tukang Daging

Diposting oleh Masakan On 17.22

Raja Hui dari negara Wei sedang mengamati kokinya memotong seekor sapi jantan. Ketika koki itu menancapkan pisaunya keluar masuk tubuh sapi itu, bahu, kaki dan lututnya ikut bergerak seirama dengan tangannya. Pisau itu seperti menari dan bunyi pisau yang memotong kulit dan daging sapi itu membuat semacam musik.

Raja sangat kagum dengannya dan bertanya, ”Bagaimana kamu dapat mempunyai keahlian seperti itu?”

”Saya tertarik untuk mempelajari bagaimana sesuatu bekerja, dan tidak hanya menguasai tekniknya, Yang Mulia,” jawab kokinya. ”Ketika saya pertama kali memotong seekor sapi, saya tidak melihat apa-apa kecuali tubuh seekor sapi. Setelah tiga tahun, saya tidak lagi melihatnya seperti itu. Saya mencoba untuk memahami komponen dan strukturnya. Sekarang saya lebih banyak menggunakan perasaan daripada mata saya. Pisau saya mengikuti anatomi melalui rongga-rongga dalam tubuh sapi. Saya menghindari urat dan ligamen, dan tentu saja tulang-tulang.”

”Seorang koki yang bagus harus mengganti pisaunya setiap tahun karena menggunakannya untuk menyayat. Seorang koki yang biasa-biasa saja mengganti pisaunya setiap bulan karena menggunakannya untuk memotong. Saya telah menggunakan pisau saya selama sembilan belas tahun dan telah memotong ribuan sapi. Tetapi pisau ini masih sebagus yang baru.”

“Saya mencari di antara sendi dan tulang di mana pisau tipis milikku bisa bergerak bebas. Jika saya menemukan sendi yang keras, saya akan terus memotong dengan hati-hati. Saya akan memperlambat dan menggunakan pisau dengan lembut sepanjang garis alami binatang itu. Setelah badannya terbagi-bagi dan jatuh di kaki saya seperti lumpur lembut, saya akan bernapas lega dan merasa sangat puas. Saya selalu merawat pisau saya setelah pisau itu bekerja dengan baik.”

”Hebat!” raja sangat terpesona. ”Kamu telah mengajari saya sesuatu tentang kehidupan.”

Komentar: Ini adalah fabel terkenal yang diceritakan Chuang Tzu. Pisau itu menjadi awet karena telah digunakan dengan mengikuti hukum alam – anatomi seekor sapi. Jika kita mengikuti hukum alam, seharusnya kita juga berumur panjang dan berbadan sehat

Dikutip dari Kisah-Kisah Kebijaksanaan Cina Klasik yang disusun oleh Michael C. Tang



0 Response to "Pisau Tukang Daging"

Posting Komentar